Selasa, 08 Mei 2012

Dari Photoshop 7.0 Hingga CS6

Beberapa waktu yang lalu ketika iseng-iseng browsing di youtube, saya menemukan sebuah video di channel Photoshop, menjelaskan tentang sebuah fitur baru yang dimiliki Adobe Photoshop CS6. Fitur tersebut bernama New Content-Aware Technology, fitur tersebut sebenarnya merupakan pengembangan dari tools terdahulu seperti selection tool. Karena sepertinya agak sulit menjelaskannya dengan bahasa Indonesia bagaimana kalau langsung saja kita lihat video tersebut?



Mungkin disini kita tidak akan membahas bagaimana cara menggunakan tools tersebut atau membicarakan bagaimana cara mendownload Adobe Photoshop CS6 beserta crack nya. Akan tetapi disini saya hanya akan sedikit membicarakan bagaimana perkembangan Photoshop dari awal saya berkenalan dengan Photoshop hingga akhirnya akan menjumpai Photoshop CS6. Meski secara mendasar tools yang ada di Photosop dari dulu hingga sekarang ya cuma itu-itu saja tapi secara menyuluruh Photosop memang berubah secara signifikan.
Masih segar diingatan bagaimana awalnya saya berkenalan dengan Photoshop yaitu ketika saat SMP secara resmi saya memiliki komputer yang statusnya milik saya sendiri, meski kalau dilihat dari pembagian sahamnya saya hanya memiliki saham sekitar 30%. Di komputer baru tersebut sudah terinstal berbagai macam sofware salah satunya Photoshop. Dengan berbekal rasa penasaran dan semangat coba-coba secara ajaib teknik photoshop pertama yang saya bisa waktu itu adalah cropping object dan menyatukannya dengan gambar lain. Meski hasilnya masih kasar, tapi saya yakin waktu itu saya adalah satu-satunya orang diantara teman-teman satu sekolah yang bisa melakukan teknik itu :p
Maksud sebenarnya dari cerita di atas bukan pada keberhasilan saya menguasai teknik cropping dan penggabungan gambar. Tetapi lebih kepada pada masa Photoshop 7.0, semua tools yang ada relatif masih sangat mendasar dan membutuhkan skill yang tidak sepele juga. Semakin kesini perkembangan teknologi semakin memudahkan pekerjaan manusia, seperti yang dijelaskan dalam video bahwa memindahkan sebuah objek dalam gambar kita tinggal menyeleksinya kemudian tempel ke tempat yang kita inginkan dan Photoshop akan menyesuaikannya sendiri. Coba saja gunakan Photoshop 7.0 dengan cara yang sama, apa hasilnya sama juga?
Teknologi memang sudah ditakdirkan akan mempermudah tugas manusia. Akan tetapi disisi lain teknologi juga semakin lama cenderung membuat skill manusia semakin tergerus. Dari sini saya hanya ingin mengutarakan bahwa mempelajari ilmu/skill yang sangat dasar itu penting. Kita perlu tahu bagaimana proses suatu hal dari awal hingga akhir, karena disitulah kita membentuk logika berpikir menggunakan suatu teknologi. Dan kenapa mempelajari dasar-dasarnya penting karena tanpa hal tersebut ilmu/skill manusia semakin lama bukannya semakin meningkat tapi semakin menurun karena tergantikan oleh teknologi, padahal teknologi tersebut tak selamanya akan ada bersama manusia.

0 comments:

Posting Komentar