Selasa, 15 Mei 2012

Anti Rokok VS Anti Anti Rokok

Sore tadi sebelum menunaikan shalat Maghrib tanpa sengaja melihat tweet dari senior saya @doppyprasetya. Tweet tersebut berisi link sebuah video Youtube tentang gerakan yang mencoba melawan gerakan Anti Rokok.  Ada empat isu yang diangkat mereka untuk melawan gerakan anti merokok. Keempat isu tersebut mereka tuangkan dalam empat buah video yang berisi tentang argumen mereka dan diberi sedikit data dan analogi, mungkin terlebih dahulu ada baiknya kita tonton dulu videonya...









Melihat video-video tersebut, saya jadi teringat sebuah video dokumenter yang sempat hangat diperbincangkan di social media beberapa waktu yang lalu. Video tersebut menceritakan tentang fakta mengenai industri rokok di Indonesia dan tentu saja bahaya yang mengancam masyarakat Indonesia. Video ini memang sangat bertentangan dengan video yang telah ditampilkan di atas.



Setelah melihat video yang diupload oleh KomunitasKretek, tentang fakta yang melawan gerakan anti rokok mungkin sebagian dari kita pasti terpikir "oh, iya benar juga...". Sebagai seorang yang tidak suka rokok, saya juga berpikiran begitu, tapi menurut saya argumen yang mereka bawa masih belum kuat dan terkesan mencari pembenaran dari "kesalahan" yang mereka lakukan. Entahlah tapi kedua belah pihak pastinya mempunyai kepentingannya sendiri-sendiri, dan di dunia yang semakin rumit ini sepertinya sudah tidak ada yang benar-benar menjadi "malaikat". Bagaimana menurut kalian?

0 comments:

Posting Komentar