Senin, 20 Mei 2013

Sistem Tarif Keberuntungan

Sampai detik ini saya masih belum menemukan ISP (Internet Service Provider) yang menawarkan paket internet yang "pas" atau setidaknya worth it. Paket internet ideal menurut saya sebenarnya cukup simple, asal youtube lancar tanpa buffering dan tak terbatas kuota apapun sampe masa aktif habis. Padahal paket-paket internet yang ada di Indonesia kalaupun ada yang unlimited, pasti ada FUP nya yang berakibat turunnya kecepatan ketika sudah melewati batas FUP. Sistem kuota biasanya kecepatanya stabil, tapi dibatasi volume data yang bisa diakses, hmmm serba salah memang...

Tulisan ini sebenarnya tidak akan membahas apapun tentang internet, paket internet atau dunia IT. Saya hanya ingin meminjam analogi dunia paket internet untuk membahas cerita saya kali ini. Saya akan bercerita tentang teori keberuntungan yang cukup saya percayai. Saya tidak mengutip darimanapun tentang teori ini, mungkin bisa dianggap saya menemukan teori ini dikepala saya sendiri yang berdasarkan pengalaman saya.

Ah.. sepertinya tulisan ini benar-benar tidak penting, tapi ya sudahlah. Jadi saya berpendapat bahwa keberuntungan itu seperti paket internet. Ada yang sistem volume base dan ada juga yang sistem unlimited dengan FUP. Sistem volume base yaitu ketika keberuntungan seseorang itu sebenarnya sudah dijatah untuk satu periode tertentu, keberuntungan yang dia dapat memang tidak menentu datangnya tapi ketika datang biasanya cukup terasa. Misal seseorang yang mendapat sebuah hadiah, bertemu artis, atau tiba-tiba dicium gebetannya hahaha.. Namun karena adanya pembatasan kuota, ketika keberuntungan yang didapatnya terlalu besar untuk sejenak keberuntungannya akan berhenti mengalir dan digantikan dengan nasib biasa saja atau kesialan. Ketika habis sebelum masanya maka kesialan berturut-turut akan terus hadir. Biasanya "paket" ini akan aktif lagi jika kita berbuat kebaikan meski hanya kecil. Tipe ini biasanya dimiliki kebanyakan orang.

Sedangkan sistem unlimited ya seperti namanya, keberuntungannya tak terputus. Tapi ada masanya ketika FUP nya telah mencapai batas maka keberuntunganya akan mengalir kecil. Dia tidak merasakan keberutungan yang berarti tapi setidaknya dia tidak merasakan kesialan. Orang-orang seperti ini memang tidak banyak, dan mereka lah yang sering disebut wong bejo.

Saya sendiri meyakini bahwa paket keberuntungan saya adalah sistem kuota. Ketika saya mendapat keberuntungan yang luar biasa, biasanya setelah itu ada kesialan-kesialan yang berdatangan. Masih untung kalau lama dan kecil-kecil itu tidak terasa. Tapi kadang ada pulang yang sedang-sedang dan begitu terasa. Seperti halnya kemarin malam, tiba-tiba saya mendapat undangan makan malam disuatu restoran pizza (ini keberuntungan lumayan besar), saat pulang saya mampir ke sebuah warnet untuk mengunduh beberapa video serial TV tapi ternyata tidak ada update semuanya (ini kesialan kecil sekali), selanjutnya di perjalanan pulang motor saya agak bermasalah mendekati macet tapi berhasil diatasi (ini kesialan sedang) dan puncaknya tadi sore motor saya benar-benar berhenti tak bergeming ditengah perempatan Gondomanan! Baiklah semoga itu puncak kesialan saya dan besok keberuntungan mulai mengalir lagi. Amin.

0 comments:

Posting Komentar