Rabu, 22 Mei 2013

Namanya Arie

Kalau sedang males nulis banyak, mendeskripsikan foto adalah jurus andalan. Apalagi menceritakan kembali foto-foto masa lalu atau masa kecil kita. Karena obrolan kecil tadi siang di kantin, saya jadi ingat beberapa foto masa kecil yang pernah saya scan dan masih tersimpan di hardisk PC. Saya sendiri tidak punya banyak foto waktu masih kecil. Zaman dahulu berfoto tidak semudah zaman sekarang yang bisa dilakukan setiap saat karena hampir semua orang membawa kamera, dulu berfoto hanya dilakukan saat momen-momen tertentu saja karena keterbatasan media penyimpanan dan mahalnya biaya cetak.
Melihat foto-foto waktu masih kecil seringkali mengundang tawa melihat pose-pose aneh atau ketika mengingat momen saat foto itu dibuat. Banyak perubahan yang bisa kita saksikan, mulai dari wajah, orang-orang disekitar kita, rumah yang kita tinggali, mainan dan sebagainya. Berikut beberapa foto yang saya temukan di hardisk PC saya...

Ups...ini adalah satu-satunya foto telanjang yang saya miliki. Entah motivasi apa yang terlintas dibenak fotografer ketika momotret saya dalam kondisi seperti ini. Mungkin foto ini diambil karena terinspirasi dengan model-model sabun bayi waktu itu. Melihat dari wajahnya sepertinya foto ini diambil di tahun 1990.


Masih di tahun yang sama, ini adalah foto ketika saya belum meniup lilin ulang tahun. Sepertinya foto ini diambil setelah foto bugil dipinggir sumur.

Menurut time stamp yang ada di fisik foto ini, foto ini diambil pada Mei 1991. Saya sendiri heran, hanya dalam setahun lima bulan sudah berubah begitu drastis. Pada umur ini kalau tidak salah saya sudah mulai suka main mobil-mobilan.



Ini foto saya ketika berumur 2 tahun. Foto di atas adalah versi saya yang belum mandi dan foto di bawah adalah mode jalan-jalan. Pada saat itu saya sering sekali diajak jalan-jalan kemana-mana. Tempat terfavorit versi saya waktu itu adalah Kebun Binatang Gembiraloka. Waktu itu bonbin masih punya jerapah, dan itu adalah hewan favorit saya.




Ketika umur 4 tahun saya punya seorang adik yang berusia 1 tahun. Karena dia sangat bandel ketika disuruh foto, akhirnya yang muncul cuma separuh kepalanya saja. Enam bulan kemudian saya masuk TK, dan saat itu berakhirlah Arie yang petakilan dan hiperaktif.


Masih di usia 4 tahun, foto ini diambil ketika bulik saya menikah. Entah apa motivasi saya waktu itu, saya ngotot sekali minta didandani. Meski pada akhirnya saya tidak betah sendiri menggunakan pakaian itu.


Melompat ke tahun 2003, inilah wajah saya ketika duduk di bangku SMP kelas 1.


Saat saya SMA



Dan saat awal-awal masuk Komunikasi UGM. Banyak foto-foto yang jauh terlompati karena tidak ditemukan dimana keberadaanya dan tidak sempat di scan. Dan banyak hal yang sudah berubah memang, ya begitulah...

0 comments:

Posting Komentar