Kamis, 13 Juni 2013

Rindu Berperang

Secara random hari ini saya merindukan bermain game di PC saya. Padahal di PC saya yang sekarang tidak ada sama sekali game yang terinstall. Entah apakah di windowns 8 ada game bawaan dari Microsoft atau tidak tapi setahu saya game yang ada adalah game online.

Saya tidak pernah memproklamirkan diri sebagai seorang Gamer, karena toh sudah 4 tahun lebih saya hampir tidak pernah bermain video game di PC. Meski motivasi saya dulu membeli PC sendiri adalah untuk bermain game. Dulu ketika masih kecil saya senang sekali bermain video game. Nintendo hingga Playstation pernah saya mainkan, meski tidak selalu milik saya sendiri console nya. Karena tidak punya, dulu saya sering nebeng main video game di rumah teman saya. Meski sebenarnya saya juga pernah dibelikan console sendiri tapi entah kenapa tidak pernah bertahan lama alias cepat rusak hahaha.

Ketika SMP saya menabung untuk membeli PC sendiri untuk bermain video game. Baiklah tidak 100% uang saya sendiri tapi setidaknya 60% saham adalah milik saya. Niat utamanya memang untuk main video game, meski pada orang tua saya bilangnya ingin belajar komputer, ya biar dibelikan hehehe. Dan benar saja PC baru saya sama sekali tidak ada games nya. Hanya software-software office, editing video, dan photoshop.



Hingga suatu hari saya dipinjami teman saya sebuah CD installer game. CD tersebut berisi 3 buah game, semuanya game RTS (Real Time Strategy) ada Rise of Nations, Age of Empires 1 dan 2. Karena dulu saya benar-benar tidak paham komputer, dari ketiga games itu hanya Rise of Nations yang berhasil saya install. Begitu saya coba mainkan, saya langsung jatuh cinta dengan game tersebut, baik dari grafisnya juga gameplay nya.

Rise of Nations sediri adalah Real Time Strategy Gameyang dikembangkan oleh Big Huge Games. Disini kita bermain mengatur strategi sebuah nations untuk memenangkan sebuah peperangan melawan bangsa lain. Dalam game ini kita diharuskan mengelola berbagai sumber daya alam, ekonomi, teknologi, diplomasi agar bangsa kita menjadi sebuah bangsa yang besar sehingga bisa mengalahkan bangsa lain. Bisa dibilang peran kita seperti seorang Presiden.

Mungkin bagi sebagian besar orang game seperti Rise of Nations ini tidak mengasyikan. Tapi saya justru menemukan keasyikan bermain video games yang hakiki *halah* pada game semacam Rise of Nations ini. Berbagai macam genre video game sudah pernah saya mainkan, tapi tidak pernah mendapatkan kepuasan bermain video game seperti bermain RTS. Selain genre RTS, game dengan genre simulation seperti Sim City juga tidak kalah mengasyikan. Sayangnya game-game jenis RTS dan Simulation sekarang sudah jarang dikembangkan lagi, kebanyakan game jaman sekarang lebih menonjolkan sisi grafisnya, seperti jenis FPS (First Person Shooter). Ya bagaimana lagi, pasar game yang seperti itu memang lebih menjanjikan.

Membahas tentang Rise of Nations membuat saya ingin memainkan game ini lagi jika selo. Kalau ada yang punya master nya bolehlah saya mengcopynya hehehehe...

0 comments:

Posting Komentar