Rabu, 24 November 2010

Ini Bukan Masalah Harganya Tapi Isinya

WDC Green 1.0 TB
Kira-kira sudah hampir 2 bulan hardisk WDC 1 TB saya "ngambek", ga inget persis tanggal berapa dia mulai ngambek tapi kira-kira seminggu setelah dari rangking satu kayaknya. Waktu itu ada project dengan Angga dari Danone, pagi-pagi sebelum berangkat kuliah iseng-iseng utak-atik sebuah eksperimen After Effects. Entah kenapa tiba-tiba komputer hang, dicoba-coba untuk mengatasi masalah melalui task manager ternyata tak berhasil, dan akhirnya tombol reset pun tertekan. Menunggu windows startup tapi tak kunjung muncul juga logo jendela yang menurut saya lebih mirip bendera. Dicoba di reset lagi tapi tetap tak membantu, disinilah kepanikan mulai terjadi. Detik demi detik, menit demi menit, hampir setengah jam aku nunggu akhirnya logo Windows 7 muncul tapi lamaaaa banget tak kunjung berganti welcome screen (mampus!). Karena buru-buru mau kuliah (entah kuliah apa aku lupa) komputer aku tinggal mandi, ganti baju, makan tapi tak kunjung berganti welcome screen. Yowislah, aku tinggal kuliah dengan posisi tetap menyala.
Pulang kuliah sekitar jam 2, tanpa basa basi aku langsung pulang tanpa ngobrol-ngobrol dan mampir-mapir aku langsung pulang melihat kondisi si PC. Aku nyalain monitornya, remang-remang terlihat warna biru, Alhamdulillah dalam hati aku bersyukur, akhirnya bisa masuk windows. Tapi kelegaan itu kembali sirna ketika ternyata itu adalah welcome screen! maaaaak..dari tadi pagi sampai ini siang ternyata prosesnya baru segitu, masya Allah.
Kepala mulai pusing melihat kenyataan didepan mata dan ada project dari Danone. Setelah mumet hampir putus asa karena bingung mau ngerjain project dimana, muncullah pemecahan, "yowislah rusak yo rusak sesuk didandani" (yasudahlah, rusak ya rusak besok diperbaiki) pemecahannya berfokus pada prioritas project Danone, HD 1TB aku copot dan bertahan hidup dengan HD jaman SMA. Alhamdulillah bisa, yowislah selanjutnya install Adobe After Effects dan mulai bekerja dengan performa seadanya (Windows XP, RAM yang terdeteksi cuma 3,25GB dan beberapa GB sisa hardisk)
Mulai detik itu hingga tadi pagi HD 1 TB itu belum aku sentuh lagi, karena ketidakseloan dan berbagai problematika anak muda masa kini. Karena keadaan dan tuntutan, akhirnya tadi pagi aku tergerak untuk menyentuh dan mencoba memperbaiki HD tersebut. Proker kerjasama antara Dept. Eksternal dan Dept. Medkominfo serta ada sedikit kerjaanlah yang membuatku tergerak (yo piye meneh, arep garap nggo opo nek ora?). Diawali dengan browsing di internet tentang HD rusak, google, kaskus, dll coba disambangi, akhirnya dapat pencerahan, kemungkinan HD ku Bad Sector. Setelah tahu permasalahan selanjutnya cari pemecahan, download berbagai macam tools dan aplikasi recovery. Sempat putus asa karena tools yang didownload tak bekerja, mulailah bertanya pada Dwi '07 tempat service HD tapi kemudian ga jadi karena kayaknya mahal dan hampir setara dengan harga barunya T.T (nangis.mp3)
Yowislah akhirnya berusaha lagi memperbaikinya sendiri setelah menemukan sebuah aplikasi yang berjudul HDD Regenerator. Setelah dicoba ternyata ampuh, bisa mendeteksi bad sector, nyicil lega-lah. Sambil nunggu, aku tinggal twitter-an di laptop, liat Nesha tanya sana-sini tentang foto, jadi inget mentahan Tekhum yang ada di HD yang rusak. Langsunglah aku tanya Dwi, dengan santai dan tak berdosanya nya dia bilang "anda bertanya telat sebulan setelah saya menghapus mentahan tekhum :D" (MODYAAAR!) makin shock-lah mendengar kabar itu, coba tanya Cahya ternyata tak membuahkan hasil. Yasudahlah toh masih ada copiannya di laptop Wawan meski ga semuanya terutama yang saya butuhkan hadeeeeh lemes banget deh T.T
Kalau mau cepat selesai masalah HD ini gampang sebenernya, tinggal datang ke toko tempat belinya dan claim garansi titik masalah HD selesai. Oke masalah HD selesai dan komputer sakti saya siap beraksi lagi, tapi yang jadi masalah diantara 1 TB atau mungkin lebih tepatnya 931 GB, ada 300an GB data yang hampir tak tergantikan. Seingatku didalam HD itu ada file-file dokumentasi Komako, Communipassion, dan beberapa acara lain, terus ada final work PNI semua kelompok pitching pertama, mentahan Tekhum, foto liburan, SFX, stock foto, stock video, tutorial AE, Project AE, dan masih banyak lagi, lemes deh kalau bayangin isinya T.T
Yaa..berharap saja HDD Regenerator berhasil mengatasi bad sector tanpa masalah, Amin 999...9x kalaupun datanya terpaksa hilang, semoga ada cara lain atau gantinya. Tapi tetep semoga berhasil ya Allah..
Sampai Tulisan ini selesai ditulis, proses regenerasi masih berjalan.. Wish me luck guys..

2 comments:

matahari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
matahari mengatakan...

banting aja ri sapa tau jadi normal lagi, Never try never know, hahahaha

Posting Komentar